Rumus Excel

Kumpulan rumus Excel lengkap dengan kata kunci, contoh dan cara penggunakaan Microsoft Excel dengan menambah soft skill yang dapat mempermudah pekerjaan terbaik untuk desktop.

Rumus Excel – Microsoft Excell atau Office Excel, adalah bagian dari paket instalasi Microsoft Office komputer yang gunakan saat ini memiliki Office Word atau Powerpoint, kemungkinan Microsoft Excel juga telah diinstal dan siap digunakan di komputer.

Halaman ini memiliki daftar lengkap Rumus Excel atau Rumus Microsoft Excel yang memuat dan menjelaskan cara menggunakan Rumus Excel yang telah dibahas di blog tutorial Excel ini.

Office Excel bertindak sebagai aplikasi pengolah angka, salah satu yang terbaik untuk desktop dan seluler.

Bisa dibilang Office Excel adalah kalkulator cerdas modern yang, selain penghitungan atau penghitungan data, juga bisa digunakan untuk mengotomatiskan pekerjaan tertentu.

Alternatifnya, jika tidak menggunakan Office Excel, dapat menggunakan spreadsheet dari WPS Office, yang sebelumnya dikenal sebagai Kingsoft, spreadsheet Calc dalam paket perangkat lunak LibreOffice dan OpenOffice.

Dan tentunya masih banyak alternatif lain yang umumnya memiliki fungsi utama yang sama. Bagi yang baru mengenal Excel bisa menggunakan daftar pembahasan rumus Excel ini sebagai bahan latihan dengan Office Excel.

Dan bagi yang sudah memiliki pengetahuan yang memadai, bisa menggunakan panduan rumus Excel ini sebagai referensi atau alternatif solusi masalah di Microsoft Excel.

10 Rumus Excel

Rumus exxel

RINGKASAN

Sintaks: = SUM (bilangan1, [bilangan2].

Fungsi SUM digunakan untuk menambahkan data dalam sel. Fungsi SUM dapat digunakan untuk menambahkan data per sel, data dalam satu rentang, atau data dalam beberapa rentang secara bersamaan.

JIKA

Sintaks: = IF (tes_logika, [nilai_jika_true], [nilai_jika_false])

Fungsi IF digunakan untuk mengembalikan atau mengembalikan nilai saat kondisi atau pernyataan BENAR dan mengembalikan nilai lain saat kondisi atau pernyataan itu SALAH.

Fungsi IF juga dapat digunakan untuk beberapa kondisi dengan menggabungkan beberapa fungsi IF pada saat yang sama atau disebut IF bersarang (fungsi IF dalam IF).

Fungsi IF dapat digunakan bersama hingga 64 fungsi IF.

LOOKUP

Sintaks: = LOOKUP (lookup_value, array)

Fungsi LOOKUP digunakan untuk menemukan nilai data dalam kolom atau baris.

Fungsi LOOKUP sebenarnya jarang digunakan dan telah beralih ke fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP.

VLOOKUP

Sintaks: = VLOOKUP (lookup_value, table_array, col_index_num.

Fungsi VLOOKUP digunakan untuk menemukan nilai data dalam rentang atau tabel.

Setelah nilai ditemukan, nilai diambil atau ditampilkan di kolom lain pada tabel berdasarkan urutan kolom yang diinginkan (indeks kolom).

Contoh penggunaannya adalah untuk menampilkan nomor telepon dari tabel database pelanggan.

PERTANDINGAN

Sintaks: = MATCH (nilai_penampilan, baris_penampilan, [jenis_penampilan])

Tujuan dari fungsi MATCH adalah untuk menemukan nilai tertentu dalam rentang, daftar, atau tabel dan kemudian mengembalikan (menghasilkan atau menampilkan) posisi relatif dari nilai tersebut dalam rentang, daftar, atau tabel tersebut.

Fungsi ini merupakan keluaran berupa urutan nilai yang akan dicari.

Misal ada urutan nama untuk Andi, Budi, Caca, maka posisi relatif atau urutan Caca ada di angka 3.

PILIH

Sintaks: = CHOOSE (indeks_num, nilai1, [nilai2].

Maka dapat menggunakan fungsi CHOOSE untuk memilih dan menampilkan satu nilai dalam satu set atau daftar nilai.

Fungsi CHOOSE memungkinkan memilih 1 nilai dari maksimal 254 nilai berdasarkan nomor indeks.

Misalnya, jika nilai1 sampai nama hari dalam seminggu, fungsi CHOOSE akan mengembalikan salah satu hari jika kita menggunakan nomor indeks 1-7.

TANGGAL

Sytax: = DATE (tahun, bulan, tanggal)

Fungsi DATE digunakan untuk mengembalikan nomor seri berurutan yang mewakili tanggal tertentu.

Fitur ini sangat berguna ketika kita menemukan kondisi dimana tahun, bulan dan tanggal berada pada sel yang terpisah.

HARI

Sintaks: = DAYS (tanggal_akhir, tanggal_bintang)

Fungsi DAYS digunakan untuk menghitung jumlah hari antara dua tanggal, fungsi ini dapat digunakan antara lain untuk menghitung mundur kejadian tertentu atau untuk mengetahui tanggal kadaluwarsa suatu bahan pangan.

TEMUKAN

Sintaks: = FIND (temukan_teks, dalam_teks.

Fungsi FIND ini digunakan untuk menemukan teks atau bagian tertentu dari teks (string karakter) dalam sel yang berisi teks panjang.

Jika sebuah string ditemukan dalam teks, fungsi ini menampilkan posisi atau urutan karakter pertama dalam string tersebut.

Misalnya, jika kita mencari string “ant” di kata “I’m ganteng”, fungsi FIND mengembalikan 6 karena huruf a dalam string “ant” ada di string ke-6.

Perhatikan bahwa fungsi FIND peka huruf besar kecil jika string karakter “ant” tidak sama dengan “Ant”.

INDEKS

Sintaks: = INDEX (larik, nomor baris, [nomor kolom])

Fungsi INDEX digunakan untuk mendapatkan atau mengembalikan nilai dari rentang atau tabel dengan kata lain, fungsi ini mengambil nilai tertentu dalam rentang atau dalam tabel sesuka kita.

Misalnya, jika kita ingin mendapatkan nilai “Wortel” dari kolom daftar Sayuran.

Jika pembahasan dalam artikel ini belum lengkap maka kalian dapat juga mengunjugi di situs Website https://rumus.co.id/ , dimana situs tersebut telah menerangkan beberapa Rumus Excel dan dapat kalian pahami.

Kita dapat melakukannya dengan fungsi INDEX dengan mengindeks posisi nilai yang diinginkan.

Nah itulah yang dapat kami sampaikan, materi tentang Rumus Excel semoga dengan adanya materi ini dapat berguna dan bermanfaat, sekian dan terima kasih.