Ingin Punya Website Domain .ID? Ketahui Informasi Lengkapnya di Sini

website
Sumber: freepik.com

Setiap negara memiliki identitas domain masing-masing, termasuk Indonesia. Ini bisa menjadi kebanggan tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Selain bisa menjadi jati diri, website domain .id dapat membantu pengunjung mudah mengingat nama website. Nama domain untuk membuat website dengan akhiran .id juga lebih tersedia dalam jumlah banyak daripada .com.

Ini sudah dibuktikan oleh banyak pengguna internet, ketika mencoba mencari nama domain dalam ekstensi .com seringkali sudah ada yang menggunakan. Namun, tidak dengan nama domain dengan ekstensi .id. Ada alasan lainnya, mengapa kamu sangat perlu menggunakan domain yang satu ini. Langsung saja kamu simak alasan menggunakan .id di bawah ini.

Beberapa Alasan Menggunakan Domain ID

Sebagian besar orang yang hendak berlangganan id biasanya akan bertanya tentang banyak hal yang intinya apakah menggunakan ekstensi tersebut memungkinkan website untuk bisa survive. Seluruh jawaban tersebut bisa kamu ketahui berikut.

  1. SEO Tetap Berfungsi Baik

Langkah yang biasa diterapkan dalam meningkatkan trafik website adalah menggunakan SEO. Seluruh pengguna .id tetap dapat memanfaatkan strategi SEO tersebut untuk meningkatkan trafik website.

Ini sudah masuk dalam kebijakan yang diterapkan oleh Google bahwa ketika ada pengunjung yang mencari informasi dalam bahasa Indonesia, memiliki potensi tinggi dimunculkan. Ketika suatu website lebih diutamakan untuk muncul, maka besar peluangnya mendapatkan pengunjung lebih banyak.

  • Bisa Dikelola dengan Mudah

Domain id merupakan domain yang dirilis oleh PANDI, sehingga keamanan sudah terjamin. Setiap aktivitas yang dilakukan dengan menggunakan domain tersebut akan selalu diawasi oleh PANDI. Apabila terdapat aktivitas yang melanggar hukum Indonesia, seperti perjudian, pronografi, dan lain-lain, maka akan segera di blacklist dan tidak bisa dipakai kembali.

Hak kepemilikan akan dicabut, sehingga bisa berguna dalam pencegahan terjadinya penipuan maupun cybercrime dengan domain .id. Ini membuat domain tersebut memiliki pamor yang justru masih lebih terjaga daripada .com. Sampai dengan 2013, setidaknya sudah ditemukan terdapat 30 website toko online palsu yang pakai .com, tetapi tidak dengan .id.

  • Identitas Negara Indonesia

Ekstensi .id masuk dalam kategori country code top level domain yang merujuk pada Indonesia. Sangat disarankan seluruh masyarakatnya mendukung penggunaan domain tersebut sebagai salah satu bentuk kecintaan terhadap produk negara. Kamu akan menjadi semakin bangga ketika website yang dibuat terkenal sampai ke luar negeri.

Contoh Website Domain .ID yang Populer

Kamu sangat khawatir mengenai apakah menggunakan domain .id bisa benar-benar diperlakukan adil dengan .com. Maka jawabannya adalah tentu saja Google memperlakukan .id di mesin penelusuran sama dengan .com. Terdapat beberapa website domain .id yang terkenal dan bisa kamu jadikan inspirasi untuk menggunakan ekstensi .id.

  1. Google.co.id

Mesin penelusuran Google tidak hanya bisa diakses dalam bentuk URL Google.com saja, melainkan juga Google.co.id. Kalau website mesin penelusurannya saja sudah menggunakan domain .id, maka website lainnya juga sudah pasti aman. Ini benar-benar menjadi bukti kuat bahwa domain tersebut diperlakukan standar layaknya website .com.

  • Kaskus.co.id

Jauh sebelum media sosial Instagram booming seperti sekarang ini, media yang dipakai untuk bertukar informasi dengan intens adalah Kaskus. Sampai dengan saat ini brand tersebut tetap eksis dalam bentuk website. Kamu yang suka membaca berbagai macam berita dapat membuka situs tersebut yang menerapkan domain .id.

  • Viva.co.id

Salah satu surat kabar online yang terkenal adalah viva.co.id. Namun nama Viva sendiri tersebut sangat dikenal dengan informasi sepak bolanya. Website surat kabar online yang satu ini juga menggunakan domain .id.

  • Lazada.co.id

Anak-anak generasi milenial sudah tidak lagi perlu dijelaskan mengenai situs jual beli Lazada. Situs tersebut sudah sangat terkenal dan ada pengunjung yang jumlahnya bisa sampai puluhan juta orang setiap bulannya. Website tersebut juga bangga menggunakan domain .id.

  • JNE.co.id

Masih dengan kegemaran para generasi milenial dalam melakukan jual beli online, maka perusahaan pengantaran barang yang satu ini selalu nongol dalam berbagai marketplace. JNE yang sudah memiliki cabang kantor hampir di seluruh wilayah Indonesia juga menggunakan domain identitas negara Indonesia berupa .co.id.

  • Webgame.web.id

Sedangkan domain .web.id adalah sebuah website yang biasanya berisikan tentang game. Ada banyak game unik yang bisa kamu ketahui sinopsisnya di sana. Bahkan kamu juga bisa bergabung dengan forum khusus yang berisikan para gamer.

Apakah Berlangganan .ID Perlu Persyaratan Dokumen?

Beberapa domain .id ada yang perlu persyaratan dokumen untuk menggunakannya. Beberapa domain .id yang dimaksud adalah .co.id, .or.id, .ac.id, .sch.id, .ponpes.id, dan .web.id. Sedangkan beberapa domain .id yang tidak perlu menggunakan persyaratan dokumen adalah .id, .biz.id, dan .my.id.

Beberapa persyaratan dokumen yang yang diminta untuk membuat domain .id khusus juga berbeda-beda. Secara lebih detailnya kamu bisa kunjungi langsung ke laman Harga Domain milik DomaiNesia. Di http://www.domainesia.com/hosting/